Selasa, 17 Maret 2009

Openoffice.org Base & MySQL Combo

Openoffice.org (OOo) merupakan salah satu office suite andalan saya dalam mengerjakan tugas sehari-hari di kantor. Di dalam si OOo ini sudah tercakup aplikasi2 untuk mengolah kata (Writer), spreadsheet (Calc), presentasi (Impress), database (Base), dan masih banyak lagi yang lainnya. OOo punya berbagai macam ekstensi dan template tambahan, bisa digunakan di bermacam-macam platform baik linux, windows, ataupun yang lainnya, dan yang paling penting G R A T I S sekali lagi GE RA TIS :) OOo bisa didownload, diinstall, ataupun dibagi-bagikan tanpa dipungut biaya sepeserpun.


Salah satu fitur yang terdapat di OOo adalah Openoffice.org Base (Base). Base merupakan salah satu fitur di OOo yang berfungsi mengelola database. Dengan Base kita bisa membuat database lengkap dengan tabel, query, dan form-nya atau kita juga bisa menghubungkan Base dengan database lain mulai dari yang berformat text biasa, spreadsheet ataupun dengan database "betulan" :) seperti Postgresql, Oracle, MySQL, dll. Uraian berikut ini akan menjelaskan :) langkah-langkah untuk menghubungkan Base dengan MySQL menggunakan driver JDBC.

Pertama download terlebih dahulu driver JDBC untuk MySQL (Connector/J) di alamat berikut. Download dan ekstrak di sembarang tempat seumpama di folder /home/jlitheng/Programs/mysql_connector/. Kemudian buka Openoffice.Org, klik Tools, Options, pada jendela option, pilih opsi java, dan pada bagian Java Options pilih versi JRE yang diinginkan, klik Class Path, Add Archive, pilih file connector mysql-connector-java-5.1.7-bin.jar yang telah didownload, OK, restart Openoffice.org.



Setelah MySQL JDBC driver terinstall, Base sudah siap untuk dihubungkan dengan MySQL, buat file Base baru, pilih Connect to an existing database, pilih MySQL. Klik next.



Kemudian pilih Connect using JDBC, klik next, masukkan nama database, URL server MySQL (jika MySQL terinstall di komputer yang sama cukup diisi localhost), port untuk connect ke server MySQL (default 3306). Ada baiknya klik tombol Test Class untuk menge-test :) apakah MySQL JDBC Driver sudah terinstall dengan benar, jika muncul jendela The JDBC Driver was loaded successfully berarti MySQL JDBC Driver sudah terinstall dengan benar.



Setelah meng-klik tombol next akan muncul jendela database authentication, masukkan username untuk mengakses database, beri tanda contreng pada Password Required, kemudian klik Test Connection untuk menge-test koneksi ke MySQL.



Jika Base tidak bisa terhubung ke MySQL coba cek konfigurasi MySQL, saya pernah mengalami hal ini, komputer yang saya pakai menggunakan OS Linux Slackware 12.2, dan file inisiasi MySQL daemon di Slackware ini membuat opsi skip-networking pada MySQL menjadi aktif. Hal ini menyebabkan Base tidak bisa terhubung ke MySQL. Untuk mengatasi hal ini pastikan bahwa opsi skip-networking pada file konfigurasi MySQL telah di non aktifkan. Pada distro Slackware cukup beri tanda komentar pada opsi skip-networking di file inisiasi MySQL daemon (terletak di /etc/rc.d/rc.mysqld).



Setelah Base Test Connection sukses, klik next,next, beri nama database, ok, dan akan muncul jendela database yang telah terhubung dengan MySQL :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar