Rabu, 11 Maret 2009

Text To Number

Dalam menggunakan aplikasi spreadsheet, seringkali kita dihadapkan pada kasus dimana kita harus meng-convert cell dari format text menjadi format number. Di Openoffice Calc, jika kita menyalin data number ke dalam cell yang berformat text, secara otomatis si Openoffice Calc akan menambahkan tanda "'" (single quote) di awal nilai data (lihat gambar). Tanda "'" ini tidak bisa di ganti menggunakan fasilitas Search and Replace dan harus dihapus secara manual. Hal ini akan menjadi masalah jika datanya berjumlah ribuan.

Untuk mengatasi hal ini ada sedikit trik yang saya baca di situs ini. Solusi untuk meng-convert text ke number adalah sebagai berikut (untuk pengguna Openoffice Calc :) :
  1. gunakan fasilitas search and replace
  2. klik tombol more option
  3. tandai opsi Reguler expressions
  4. isikan di kotak isian Search For dengan ".*" (tanpa tanda ") dan pada kotak isian Replace With isikan dengan "&" (tanpa tanda ")
  5. klik Replace atau Replace All
  6. jika ingin meng-convert hanya untuk kolom tertentu saja, sebelum me-replace select dulu kolom yang ingin di convert kemudian pada fasilitas search and replace tandai opsi Current selection only. Langkah selanjutnya sama seperti nomor 2-5.
Hal yang sama juga sering juga saya alami ketika menggunakan Microsoft Excel, biasanya cell yang mengalami masalah ini akan ditandai tanda hijau pada pojok kiri atas cell yang bersangkutan, untuk mengatasinya berikut ada trik yang bisa dicoba :
  1. masukkan angka 1 pada sembarang cell yang masih kosong
  2. copy cell tersebut
  3. blok cell/kolom yang akan di-convert
  4. klik kanan pada bagian yang sudah di blok
  5. klik paste special
  6. pilih opsi multiply
  7. klik ok
Selesai, demikian trik2 meng-convert text to number, semoga bisa berguna :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar