Rabu, 22 April 2009

Ngegame di Linux ?

Ngegame di Linux ?
Emang bisa ?
Bagus bagus nggak gamenya ?
Banyak nggak macemnya ?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut merupakan salah banyak dari banyak sekali pertanyaan yang seringkali ditanyakan oleh temen-temen saat saya provokasi :) untuk mencoba linux.

Jawabannya adalah bisa banget, di Linux tersedia berbagai macam game mulai dari yang sederhana seperti tetris sampai yang setingkat game simulator seperti flightgear. Dan yang penting semua game bisa didownload gratis tanpa perlu takut dianggap melakukan pembajakan qeqeqe :)

Berikut ini beberapa contoh game yang tersedia di komputer kantor saya (he he lumayan buat refreshing biar nggak stress :)

Dari screenshots
Frozenbubble, game lempar-lemparan bola, tujuan utama adalah melemparkan bola ke arah kerumunan bola berwarna sama sebelum tumpukan bola melewati garis batas.

Dari screenshots
Supertux, mirip sama game Mario Bros. Cuman tokoh utamanya diganti sama Si Tux :)

Dari screenshots
SuperTuxKart, game balapan. Memang seh game balapan yang satu ini tidak sebagus NFS he he, tetapi dijamin tidak akan mengecewakan :)

Dari screenshots
Nah, yang satu ini adalah favorit saya :) ZSnes, adalah emulator Nintendo, tinggal download aja ROM file (kalau dianalogikan, ZSnes ini mesin Nintendo nya, sedangkan ROM adalah kaset Nintendo) dari situs coolrom.com atau romnation.net, load file ROM nya, dan mainkan. He he he, serasa kembali ke masa 15 tahun yang lalu :)

Selain game-game di atas masih banyak game-game yang bisa dimainkan di linux, untuk informasi tambahan bisa berkunjung ke situs happypenguin.org, linuxgames.com, atau linux-games.com.

2 komentar:

  1. pake linux kok ngegame pake emulator, sama aja dong. percuma pake linux nya --"

    BalasHapus
  2. yang ane maksud itu emulator buat game2 nintendo jaman jebot dulu gan waktu ane masih di sd tahun '90 an :). emang kalo di selain linux kalau jalanin game2 gitu gak pake emulator ya ?

    BalasHapus