Selasa, 14 Juli 2009

Linux To The Rescue

Salah dua distribusi linux yang sering saya pergunakan untuk melakukan penyelamatan :) komputer temen2 di kantor adalah SystemRescueCD dan PartedMagic. Dua distro ini sebenarnya beda2 sama he he, tergantung selera aja mau pake gentoo flavour atau slackware flavour, yang jelas dua2nya sama2 berisi tool-tool untuk melakukan pengelolaan partisi, backup file, pembuatan/peng-restore-an image komputer dan lain-lain.

Hebatnya, di dalam distro-distro sebagaimana tersebut pada paragraf di atas (he he kaya' bikin surat kantor aja), selain terdapat tool-tool standard seperti fdisk, cfdisk, mount, mc, ntfs-3g, dll yang biasa terdapat pada distro linux juga ditambahkan aplikasi-aplikasi keren, yahud, cool, bermanfaat, dan yang penting GRATIS seperti :

  • GParted : aplikasi pengelola partisi, dengan kemampuan create partition, delete partition, resize partition, de el el, pokok e mirip2 partition magic lah.


  • Partimage : aplikasi untuk membuat/me-restore image komputer, mirip2 sama norton ghost ya kalo nggak salah.


Salah satu kelebihannya lagi adalah, dua2nya bisa diinstall ke USB Flash Disk.

Jadi kalau suatu saat ada kasus seperti komputer temen di kantor ada yang rusak windows-nya sampe nggak bisa masuk safe mode, nggak bisa booting, banyak virus sampe nggak bisa diilangin lagi, blue screen, ada file system yang ilang ato rusak, tapi data kerjaan di dalamnya seabrek-abrek, tinggal melakukan langkah2 seperti ini :

  1. booting SysRescueCD ato PartedMagic (tergantung kemampuan komputer, bisa booting lewat CD ato Flesdis)
  2. lihat daftar partisi yang ada, bisa pake fdisk ato cfdisk
  3. mount partisi2 yang ada, pake perintah mount/ntfs-3g lah, mau pake apa lagi coba ?
  4. lihat daftar file2 yang ada, kalo saya seh seringnya pake MC, terserah kalo mau pake ls qe qe qe . . . .
  5. selamatkan data yang ada, bisa di-copy ke hardis eksternal ato ke shared folder di kompie lain asalkan terhubung ke jaringan (ngopy nya bisa bisa pake MC, rsync, ato cp biasa :)
  6. install ulang windows-nya beserta program2 tambahan seperti office suite, printer, PDF reader, antivirus, setting macem2, dll (saya biasanya membuat image komputer "sehat" terlebih dahulu untuk disimpan di file server, pada saat install ulang windows tinggal di restore aja. Dengan cara ini install windows lengkap dengan aplikasi2 dan setting macem2 bisa diselesaikan dalam waktu 20-60 menit tergantung kecepatan komputer. Bayangkan jika harus menginstall windows secara reguler, masukin startupdisc, partisi, install system, install service pack windows, install AV, install aplikasi, install printer dll, bisa2 1 hari cuman ngerjain 1 kompie doang, padahal kerjaan masih buanyak (halah sok sibuk :));
  7. terakhir tinggal update antivirusnya dan restore data kerjaan user yang tadi diselametin, bersih2 casing biar rapi.
  8. selesai, tinggal minta tagihan aja he he he . . . (ngayal)
Itulah sekelumit cerita saya tentang bagaimana Linux telah mempermudah saya dalam melakukan pekerjaan sehari-hari :)

Di bawah ini ada beberapa skrinshut SystemRescueCD dan PartedMagic, info lebih lanjut tentang distro2 tersebut silakan berkunjung langsung ke situs yang bersangkutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar