Selasa, 01 September 2009

Slackware 13.0

Beberapa hari yang lalu situs Slackware.com telah mengeluarkan pengumuman tentang dirilisnya Slackware 13.0. Berdasarkan release announcement yang terdapat di situs tersebut versi kali ini mengalami banyak sekali perubahan dibandingkan versi sebelumnya. Perubahan yang paling mencolok adalah tersedianya versi resmi untuk arsitektur 64 bit dan penggunaan KDE versi 4.2.4 (akhirnya... :).

Setelah download sehari semalem pake torrent, burning ke CD, akhirnya sampe juga waktu untuk mencoba menginstall Slackware ke kompie :) Seperti biasa, setelah booting dari CD 1 installer, Slackware "hanya" mempersembahkan konsole item putih pada layar monitor :), langkah selanjutnya untuk menginstall tidak ada perbedaan dengan versi sebelumnya yang terdiri dari :

  1. login menggunakan user "root"
  2. partisi harddisk menggunakan cfdisk (jangan lupa sediakan minimal partisi swap dan root)
  3. ketik "setup" pada konsole, dan akan muncul blue screen yang bener-bener keren :)
  4. ikuti setiap langkah yang terdapat pada layar, pada saat muncul opsi untuk menginstall paket software, tandai paket yang akan diinstall (kalo nggak mau repot biarin aja apa adanya, paling cuman ngabisin sekitar 4-5 GB space harddisk aja :), terus continue, tunggu sekitar 30 menit (ini di komputer ane, perkiraan waktu sebenernya tergantung kondisi dan situasi kompie masing2:), dan terakhir ....
  5. selesai :)

Nah lho, siapa bilang install slackware itu susah, hanya karena nggak serba klak-klik bukan berarti susah kan :)

Setelah install dan reboot tinggal dicoba dicoba dicoba ..... he he he, dan akhirnya terinstallah sudah Slackware 13.0 di kompie saya. Seperti biasa :), berikut beberapa skrinshut yang saya ambil :

Dari screenshots


Dari screenshots


Dari screenshots


Dari screenshots


Dari screenshots

Tidak ada komentar:

Posting Komentar